Home / Kegiatan / TINGKATKAN KUALITAS ANGGOTA BEM, DIVISI DALAM NEGERI ADAKAN DIKLAT

TINGKATKAN KUALITAS ANGGOTA BEM, DIVISI DALAM NEGERI ADAKAN DIKLAT

diklat BEM F.PSI Unidha

UNIDHA – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan juga pemahaman serta pengertian pada anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang tentang berorganisasi yang baik, maka pada Selasa (26/10) dan Rabu (27/10), Divisi Dalam Negri BEM fakultas Psikologi mengadakan sebuah diklat dan pelatihan.

 

Diklat yang diikuti oleh seluruh anggota BEM Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang ini mengundang pmateri yang sudah ahli dibidangnya. Termasuk diantaranya adalah Rachmawati, S.Psi, M.Comm.

 

“Tujuannya diadakan diklat ini ya supaya anggota BEM ini tahu bagaimana berorganisasi di lingkungan kampus. Selain itu, diharapkan mereka juga mampu membuat program yang berkebutuhan, mampu membuat program yang aplikatif, mampu membuat program rancangan anggaran biaya sebuah organisasi, mempunyai keahlian untuk berkomunikasi dalam berorganisasi, mengetahui kewajibannya setelah menjadi pengurus organisasi, merubah cara berkomunikasi yang kaku menjadi luwes, memiliki karakteristik dalam berorganisasi, serta mengetahui wawasan administrasi dan surat menyurat.” Ujar Ruli, selaku ketua divisi dalam negeri BEM fakultas Psikologi.

 

Kegiatan kali ini dibagi menjadi dua hari. Dimana hari pertama, materi yang disampaikan adalah tentang bagaimana menyusun rancangan anggaran dan belanja di organisasi oleh Ibu Rachmawati, S.Psi., M.Comm. Kemudian dilanjutkan dengan materi kaderisasi dan penyusunan program.

 

Pada hari kedua, materi yang diberikan adalah tentang surat menyurat yang disampaikan oleh bapak Drs. M. Hadi Sudiran. Pada kesempatan kali ini, beliau menjelaskan bagaimana membuat surat resmi dan tidak resmi, bagaimana susunan dan tata letak kop surat, dan juga tata letak tanda tangan pengesahan proposal. Kemudian setelah materi surat menyurat selesai dilanjutkan dengan materi komunikasi dan performance. Dalam materi ini, pemateri mngajarkan bagaimana menjalin komunikasi yang baik terhadap individu lain terutama terhdap anggota BEM yang lain.

 

“saya sangat senang dan bangga. Karena baru pertama kali ini ada diklat perihal surat menyurat di kampus ini. Dan mungkin juga baru pertama kali ini lembaga organisasi di kampus ini mengadakan sebuah diklat seperti ini. Kalau bisa adakan terus acara diklat – diklat tentang surat – menyurat seperti ini. Karena saya lihat banyak anggota organisasi lainnya yang masih belum mengerti perihal surat – menyurat.” Ujar bapak Drs.Hadi Sudiran.