Home / Berita / DOSEN MUDA BERBICARA: LET’S MOVE ON WITH NEW SPIRIT

DOSEN MUDA BERBICARA: LET’S MOVE ON WITH NEW SPIRIT

Unidha-Malang. Beberapa dosen muda dari Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema “Let’s Move On With New Spirit” yang dilaksanakan pada 23 Juni 2020 melalui aplikasi zoom dan live streaming Youtube “divpromotion.unidha”. Kegiatan ini diikuti oleh + 735 peserta dengan menghadirkan narasumber yaitu Sri Wiroro R.I.H, S.Psi., M.Psi., Psikolog., Andia K. Damayanti, S.Psi., M.Psi., Psikolog., Nadiya Andromeda, S.Psi., M.Psi., Psikolog., dan Rachmawati, S.Psi., M.Comm., Psikolog.

Berkaitan dengan tema ini, narasumber pertama, Sri Wiroro R.I.H, S.Psi., M.Psi., Psikolog., menyampaikan bahwa dampak dari Stay at HomeWork from Home, dan Study at Home yaitu Cabin Fever (kondisi dimana stres, jenuh, atau tidak nyaman karena berdiam diri disuatu tempat dalam waktu yang lama). Beliau menambahkan bahwa orang yang mengalami cabin fever memiliki ciri-ciri antara lain merasa mudah bosan dan putus asa, mudah tersinggung dan marah, turunnya motivasi dan tidak sabaran, sulit percaya orang sekitar serta merasa sedih dan depresi yang lama.

Narasumber selanjutnya yaitu Andia K. Damayanti, S.Psi., M.Psi., Psikolog., yang menjelaskan mengenai Growing Your Dreams. Salah satu bahasan beliau yaitu faktor-faktor yang menjadi  penghambat impian seseorang antara lain kurang percaya diri, kurangnya ambisi, takut akan kegagalan, terlalu sibuk, tidak tau harus memulai dari mana, dan pendapat orang lain. Beliau juga menambahkan bahwa jika kita merasa seperti itu, kita harus merubahnya dengan cara menjadi diri kita sendiri dan mengejar apa yang kita impikan.

Materi ketiga disampaikan oleh Ibu Nadiya Andromeda, S.Psi., M.Psi., Psikolog., yang memaparkan mengenai Managing Your New Spirit. Beliau menjelaskan bahwa ada gejala-gejala atau kondisi pribadi ketika semangat diri membutuhkan perhatian yang serius antara lain melihat banyak hal dari sisi negatifnya, mudah terganggu dan tersinggung karena hal sepele, menyerah pada kondisi yang memerlukan tantangan, sering merasa lelah dengan aktivitas harian, kurang memiliki hobi yang membangun, sulit move on, sering merasakan keluhan fisik, merasa bosan, cemas dan insecure, serta tidak punya tujuan. jika kita merasakan hal tersebut, artinya kita membutuhkan pendampinga, atau konseling untuk menstabilkan spirit yang akan dibangun untuk meraih impian.

Dan terakhir yaitu Ibu Rachmawati, S.Psi., M.Comm., Psikolog. Beliau memulai materi  dengan kata mutiara yaitu “dunia terbuka lebar bagi mereka yang tau arah yang dituju” (Ralph Waldo Emerson). Beliau juga menyampaikan bahwa apapun pilihan kita nanti akan berkaitan dengan dunia industri. Apa yang dibutuhkan oleh industri? Yaitu sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi (knowledgeskill, dan attitude). Pada kesempatan ini pula beliau memutarkan video terkait revolusi industri yang ada di dunia. Beliau juga menjelaskan beberapa strategi dalam perubahan dunia yaitu cerate a futureanticipate opportunityadapt quickly dan learn always(ism-red)

Kegiatan Live webinar ini bisa dilihat di bawah ini.