Home / Berita / FAKULTAS PSIKOLOGI UNIDHA MALANG, GELAR PELATIHAN TES DAN PENGENALAN MINAT DAN BAKAT

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIDHA MALANG, GELAR PELATIHAN TES DAN PENGENALAN MINAT DAN BAKAT

Psikologi-Malang. Membantu identifikasi minat dan bakat siswa-siswi SMA Malang Raya, Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang menyelenggarakan pengenalan dan pelatihan minat dan potensi siswa dengan tajuk “GetYour Talent For Your Future”. Kegiatan itu berlangsung di Gedung F2 Universitas Wisnuwardhana Malang Minggu, (14/4) lalu.

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang, Esy Suraeni Yuniwati mengatakan, bulan-bulan sekarang ini merupakan waktu untuk menentukan pilihan siswa-siswi kelas 12 mau kemana nantinya setelah lulus SMA.

“Jadi alasan kami menggelar acara ini, yakni untuk memberikan pelatihan tes dalam menemukan minat dan bakat, sehingga siswa punya pandangan menentukan pilihan setelah mengikuti kegiatan ini,” ujar perempuan yang biasa Esy kepada Malang Post, kemarin.

Materi yang diberikan dalam kegiatan tersebut, yakni tes RMIB, TIU 5 dan Grafis, kemudian dilanjutkan dengan konseling oleh ahli psikologi.

Ketua Panitia, Rahmat Mukti Nugroho menjelaskan, RMIB merupakan konsep utama atau dasar teori mengenai persepsi dan juga stereotip pada individu mengenai pekerjaan-pekerjaan tertentu. dengan memanfaatkan stereotip ini, maka test RMIB mampu untuk mengungkapkan jenis pekerjaan dan juga minat dan juga bakat yang cocok bagi orang tersebut.

Sedangkan TIU 5 mengajarkan suatu kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara rasional. Kemudian Tes Grafisyakni salah satu teknik proyeksi yang untuk memahami kepribadian dalam bentuk gambar. “Jadi kegiatan ini merupakan sebagai wadah untuk siswa siswi dalam menentukan bakat dan minat”, ujar Nugroho.

Selain itu ia menambahkan bahwa dalam kegiatan ini juga ada seminar musik yang diberikan untuk peserta.

“Kita bisa menemukan emosi melalui nada-nada musik, jadi meregulasikan emosi itu bisa disalurkan melalui musik”, tambahnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 120 siswa siswi se-Malang Raya. Peserta sangat antusias dan senang dalam mendapat materi. Anggi Fitri dan Arista Hilda Febriana merupakan siswi dari SMA Sunan Kalijaga Jabung Malang mengungkapkan, penasaran dalam kegiatan ini karena ingin tahu bakat dan minat yang cocok untuk mereka miliki. “Saya senang ikut kegiatan ini, karena hal yang tidak tahu menjadi tahu,” ucap Arista dan Anggi.

Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang, merupakan salah satu jurusan jurusan pertama kali yang ada di Jawa Timur sejak tahun 1981, sehinga bisa dikatakan sebagai paling tertua dan saat ini berakreditasi B dan memiliki fasilitas laboratorium yang digunakan mahasiswi dalam mengembangkan ilmu psikologi dan lembaga psikologi terapan digunakan untuk praktek langsung berhadapan dengan masyarakat umum.

Kegiatan ini merupakan serangkaian promosi untuk penerimaan mahasiswa baru 2019 yang di buka gelombang I sejak 11 Februari sampai 25 Mei. Kemudian untuk gelombang II dimulai pada tanggal 27 Mei hingga 2 September 2019.

Sumber:https://www.malangpostonline.com/read/16117/fakultas-psikologi-universitas-wisnuwardhana-malang-gelar-pelatihan-tes-dan-pengenalan-minat-dan-ba